Cobaan terhadap Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Luth a.s. Terjemah Al Qur’an

(29:16)
Dan (ingatlah) Ibrahim, ketika ia  berkata  kepada  kaumnya:  “Sembahlah olehmu  Allah dan bertakwalah kepada-Nya. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.

(29:17)
Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu adalah  berhala,  dan kamu  membuat  dusta [1147]. Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezki kepadamu; maka mintalah  rezki  itu  di sisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nyalah kamu akan dikembalikan.

(29:18)
Dan jika kamu (orang kafir) mendustakan, maka  umat  yang  sebelum  kamu juga  telah mendustakan.   Dan kewajiban rasul itu, tidak lain hanyalah menyampaikan (agama Allah) dengan seterang-terangnya.”

(29:19)
Dan  apakah  mereka  tidak  memperhatikan  bagaimana  Allah  menciptakan (manusia) dari permulaannya,   kemudian   mengulanginya   (kembali). Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

(29:20)
Katakanlah: “Berjalanlah di (muka) bumi, maka perhatikanlah bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian Allah menjadikannya sekali lagi [1148]. Sesungguhnya Allah  Maha  Kuasa  atas segala sesuatu.

(29:21)
Allah mengazab siapa yang dikehendaki-Nya,  dan  memberi  rahmat  kepada siapa yang dikehendaki-Nya,   dan   hanya  kepada-Nya-lah kamu  akan dikembalikan.

(29:22)
Dan kamu sekali-kali tidak dapat melepaskan diri (dari  azab  Allah)  di bumi  dan  tidak  (pula)  di langit  dan  sekali-kali  tiadalah  bagimu pelindung dan penolong selain Allah.

(29:23)
Dan orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah dan pertemuan dengan Dia,  mereka putus asa dari rahmat-Ku, dan mereka itu mendapat azab yang pedih.

(29:24)
Maka tidak adalah jawaban kaum Ibrahim, selain mengatakan: “Bunuhlah atau bakarlah  dia”,  lalu Allah menyelamatkannya dari api. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Allah  bagi orang-orang yang beriman.

(29:25)
Dan berkata Ibrahim:  “Sesungguhnya  berhala-berhala  yang  kamu  sembah selain  Allah  adalah untuk menciptakan perasaan kasih sayang di antara kamu dalam kehidupan dunia ini kemudian di hari kiamat  sebahagian  kamu mengingkari   sebahagian  (yang  lain)  dan  sebahagian  kamu mela’nati sebahagian (yang lain); dan tempat kembalimu ialah neraka,  dan  sekali-kali tak ada bagimu para penolongpun.

(29:26)
Maka  Luth  membenarkan  (kenabian)nya.  Dan   berkatalah   Ibrahim: “Sesungguhnya aku  akan berpindah ke (tempat yang diperintahkan) Tuhanku (kepadaku); sesungguhnya Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

(29:27)
Dan Kami anugrahkan kepda Ibrahim, Ishak dan Ya’qub,  dan  Kami  jadikan kenabian  dan  Al Kitab  pada  keturunannya, dan Kami berikan kepadanya balasannya di dunia [1149]; dan sesungguhnya dia di akhirat, benar-benar termasuk orang-orang yang saleh.

(29:28)
Dan (ingatlah) ketika Luth berkata pepada  kaumnya:  “Sesungguhnya  kamu benar-benar mengerjakan  perbuatan  yang  amat  keji  yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun dari umat-umat sebelum kamu”.

(29:29)
Apakah sesungguhnya kamu patut mendatangi laki-laki, menyamun [1150] dan mengerjakan kemungkaran  di  tempat-tempat  pertemuanmu?  Maka  jawaban kaumnya tidak lain hanya mengatakan:   “Datangkanlah  kepada  kami  azab Allah, jika kamu termasuk orang-orang yang benar”.

(29:30)
Luth berdo’a: “Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan  azab)  atas kaum yang berbuat kerusakan itu”.

(29:31)
Dan tatkala utusan Kami (para malaikat) datang  kepada  Ibrahim  membawa kabar   gembira  [1151]
,  mereka  mengatakan:  “Sesungguhnya  kami  akan menghancurkan penduduk negeri (Sodom)  ini;  sesungguhnya  penduduknya adalah orang-orang yang zalim”.

(29:32)
Berkata Ibrahim: “Sesungguhnya di kota itu ada Luth”. Para malaikat berkata : “Kami lebih mengetahui siapa yang ada di kota itu. Kami sungguh-sungguh akan menyelamatkan dia dan pengikut-pengikutnya  kecuali isterinya. Dia adalah termasuk orang-orang yang tertinggal

(dibinasakan).

(29:33)
Dan tatkala datang utusan-utusan Kami (para malaikat) itu  kepada  Luth, dia  merasa  susah karena (kedatangan) mereka [1152], dan (merasa) tidak punya kekuatan untuk melindungi mereka dan  mereka  berkata:  “Janganlah kamu takut dan jangan (pula) susah. Sesungguhnya kami akan menyelamatkan kamu dan pengikut-pengikutmu,  kecuali  isterimu,  dia  adalah termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan)”.

(29:34)
Sesungguhnya Kami akan menurunkan azab dari langit  atas  penduduk  kota ini karena mereka berbuat fasik.

(29:35)
Dan sesungguhnya Kami  tinggalkan  daripadanya  satu  tanda  yang  nyata [1153] bagi orang-orang yang berakal.

Terjemah Al Qur’an

About evadailami

Hamba Allah yang ingin banyak belajar dari kalian

Posted on May 12, 2012, in TERJEMAH AL QUR AN. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: