Nikmat melihat Sang Maha Suci

Dia adalah laksana batu karang, dimana kita semua akan berhenti berlabuh. Di lautan yg penuh kegelisahan serta keresahan. Keadaan yg saling berganti suasana kesemuanya adalah laksana prahara yg akan menenggelamkan biduk kita, maka tiada hambatan, pegangan serta pelindung selain kepada-Nya. Di situlah akan kita temui genangan air yg tenang, sejuk dan tentram. Semua kepahit getiran kita akan berlalu manakala kita bersanding dng Dia. dan kita menyerahkan segala urusan kita kepada-Nya.

Dia ada di sana dan akan selalu ada di sana. Keberadaannya yg mutlak akan terus berlanjut sejak tidak adanya masa dan tempat sampai pada tidak adanya masa dan tempat kembali. Kehidupan kita akan bermakna karena Dia ada di sana. Dan keberadaan itu memiliki hikmah, karena Dia ada di sana.

Dia tidak dpt di jangkau oleh huruf, makna, gambar, bentuk, waktu dan tempat. Dia adalah dzat yg Maha Tinggi dari apa yg kita ketahui- dengan demikian, Dia adalah inti dari suatu hakikat yg tidak dpt di raghukan lagi. Meskipun huruf tidak mampu untuk mendeskripsikannya ataupun kedipan mata tidak mampu untuk melihatnya.

Perihal diri-Nya spt kerinduan yg selalu di harapkan di setiap saat. Meskipun kita tdk mampu untuk mendeskripsikan ataupun mengungkapkannya.

Dia ada di setiap yg indah, pada saat fajar bersinar di pagi hari, pada saat merah sinar matahari di sore hari, pada saat bunga mekar, pd nyayian burung-burung, pada keelokan bayi dan pada benda-benda yg luas.

Allah itu Maha nyata dan Maha batin ( tersembunyi ). Tentunya yg tampak adalah perbuatan-Nya dan yg tersembunyi adalah dzat- Nya. Maka kita tidak boleh menyatakan Allah adalah manifestasi.

Semua peristiwa dan kejadian itu mempunyai arti. Semua itu merupakan suatu upaya melihat dan memahami Allah melalui ciptaan-Nya. Setiap benda itu ada artinya dan setiap peristiwa yg terjadi secara kebetulan itu pasti memiliki kedudukannya sendiri dlm rencana Tuhan yg menyeluruh.

Kehidupan itu merupakan kenikmatan yg besar bagi orang yg mempunyai cita-cita tinggi dan penglihatan mata batin yg dalam. Karena kehidupan merupakan bacaan yg tenang dan menyenangkan bagi garis-garis hikmah yg abadi di dlm kitab alam smesta yg lembaran-lembarannya terus berganti setiap hari di hadapan mata.

Tidak ada peristiwa yg terjadi secara sia- sia di balik semua peristiwa dan kejadian yg nampak, tentunya ada hikmah yg tersembunyi. Segala peristiwa yg terjadi di dunia ini tentu ada hikmah yg tersembunyi. Yg terpenting bagi kita adalah bahwa kita mngetahui bagaimana caranya membaca semua peristiwa itu dengan nalar dan mata hati dan bukan dengan mata biasa

Bagaimana caranya kita dpt melihat dan mengenal Allah. Melalui makhluk-mahkluk ciptaan-Nya. Bagaimana kita mengetahui apa yg tersembunyi di balik berbagai peristiwa? Dan bagaimana pula caranya kita dpt memecahkan rahasia yg telah di tetapkan Allah dlm buku catatan amal kita masing-masing. Kesemuanya ini merupakan contoh dari ru’yah ( melihat ) dengan akal, mata hati, dan pemahaman.

Inilah keuntungan-keuntungan bagi orang yg dpt melihat Allah, yaitu dpt melihat segala kebesaran dan hikmah-Nya di alam semesta ini serta memahami semua ciptaan-Nya.

( Dr. Musthafa Mahmud ).

About evadailami

Hamba Allah yang ingin banyak belajar dari kalian

Posted on May 23, 2013, in ALLAH SWT. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: