Raal Ikhlash

Di kisahkan ada seorang kaya raya yang hidup di perkampungan terpencil. Sayangnya orang kaya ini terkenal bukan karena kedermawanannya melainkan kekikirannya alias pelit, medit, krukut, buntut gasiran. Hehehe…

Pada suatu hari, salah seorang tetangganya datang dan memohon pinjaman uang untuk berobat. Denga memohon penuh harap bapak yang terkena musibah itu meminta belas kasih, tetapi orang kaya tidak bergeming. Dalam hati orang kaya berkata mana mungkin dapat mengganti uang yang di pinjamkan. Akhirnya tetangganya pulang dengan kecewa.

Sebenarnya banyak teguran-teguran ringan yang Allah berikan kepada orang kaya ini. Bisnis yang di jalankannya mulai tersebdat-sendat, mesin-mesin perusahaan banyak yang rusak dan butuh biaya yang besar untuk perbaikan. Akan tetapi ketamakan tidak dapat membuka mata hati akan teguran-teguran itu.

Seringkali pertolongan yang di berikan kepada orang yang membutuhkan bagi nya menjadi ganjalan di hati karena tidak ikhlass memberikan dan hanya terpaksa saja. Baginya harta yang di miliki hanya dia saja yang berhak menikmatinya.

Dan pada akhirnya kesalahan – kesalahan yang di lakukan selama ini baru terasa ketika orang kaya raya itu sakit parah, Penyakit yang di deritanya demikian parah, sehingga dia hanya bisa berbaring saja di atas tempat tidur.

Di atas pembaringan dia baru merasakan, beginilah rasanya sakit. Dia jadi teringat ketika tetangganya meminjam uang untuk berrobat. Sekarang ia baru menyadari dalam keadaan sakit kekayaan yang di miliki tidak berarti.

Orang kayapun sadar penykit yang di deritanya adalah teguran yang Allah berikan. Selama ini kekayaan yang di titipkan untuknya tidak di gunakan untuk menolong orang yang membutuhkan dan ketika menolongpun tidak ikhlas selalu menjadi ganjalan, perhitungan dari apa yang telah di berikan kepada orang lain.

Orang kaya itupun sadar arti ikhlas yang sebenarnya. Ikhlas adalah :

* Ketika tidak ada beban di hati ketika memberikan sesuatu kepada orang lain.

* Ketika sesuatu yang diberikan kepada orang lain menjadi bermanfaat dan berkah karena di berikan dengan hati ikhlas.

* Memberikan sesuatu tampa mengharapkan imbalan walaupun hanya sekedar pujian.

* Melihat orang yang di tolong bahagia.

* ikhlas adalah salah satu dari ahklak yang terpuji.

 

putritidur.blogdetik.com

About evadailami

Hamba Allah yang ingin banyak belajar dari kalian

Posted on May 23, 2013, in Artikel. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: